Persiapan untuk peluncuran ESDM One Map

        Bertempat di Gedung Arsip Kementerian ESDM, pada Jumat, 26 Mei 2017, Pusdatin ESDM mengadakan acara Pelatihan Aplikasi Geoportal ESDM One Map. Pertemuan yang dihadiri oleh sekitar 50 orang pegawai KESDM ini bertujuan sebagai persiapan sebelum melakukan peluncuran geoportal “ESDM One Map”.

       Acara yang dibuka oleh Kepala Bidang Pengelolaan Data, Nunung Eko Ajiwihanto, ST ini sebagai persiapan bagi user di unit-unit agar dapat menggunakan aplikasi ESDM One Map secara maksimal.

geoportal 1

 Home page aplikasi ESDM One Map

ESDM One Map Indonesia merupakan sebuah system yang terintegrasi untuk pengelolaan data spasial yang dibangun menggunakan teknologi ArcGIS. Aplikasi ini dibuat untuk mengelola dan membagikan informasi spasial, baik ke dalam maupun keluar organisasi ESDM. Tujuannya agar memudahkan pemanfaatan data spasial.

           Cukup banyak data yang telah masuk ke dalam aplikasi ini, untuk sektor energi baru terbarukan, sudah ada layer untuk Potensi Sumber Daya EBT yang meliputi antara lain: panas bumi, bioeneri, energi air, energi laut, energi angina dan energi surya.

geoportal 2

Salah satu peta yang telah tersedia di aplikasi ESDM One Map

            Dengan adanya aplikasi ESDM One Map ini, akan memudahkan bagi para peneliti dan PNS di lingkungan Puslitbangtek KEBTKE terutama dalam melakukan analisa spasial terkait energi terbarukan. (RM)