Forum Sosialisasi Kegiatan PE 2017 untuk Wilayah Indonesia Bagian Tengah dan Timur

Makassar (24/5) – Bertempat di Dinas Pertambangan dan Energi, P3TKEBTKE melakukan Forum Sosialisasi Pelaksanaan Penghargaan Energi 2017 untuk Wilayah Indonesia Tengah dan Timur. Acara dibuka oleh sambutan dari Kepala Dinas Pertambangan dan Energi, Gunawan Pallaguna. Turut hadir Staf Ahli Menteri ESDM Bidang Perencanaan Strategis, Ronggo Kuncahyo memberikan sambutan serta penjelasan singkat mengenai Penghargaan Energi 2017.

Pelaksanaan Penghargaan Energi Tahun 2017 mengambil Tema “Energi Berkeadilan untuk Keadilan Rakyat”. Forum Sosialisasi ini diikuti oleh 80 peserta dari berbagai instansi baik pemerintah dan swasta. Penyelenggaraan forum ini bertujuan untuk mensosialisasikan kegiatan Penghargaan Energi tahun 2017, sharing pengalaman serta tata cara penyampaian dengan pengisian formulir calon penerima nominasi Penghargaan Energi, yang disampaikan oleh Panitia Teknis PE, Tendi Rustendi. Maksud penyelenggaraan Penghargaan Energi, yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011 antara lain menggugah kesadaran masyarakat dan mendorong peran aktif para pemangku kepentingan untuk melakukan diversifikasi, konservasi, dan budaya hemat energi. Pemberian Penghargaan Energi ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada para pemangku kepentingan atas jasa luar biasa yang berdampak besar dalam pengelolaan, penyediaan, dan pemanfaatan energi, baik terhadap perorangan/kelompok, perusahaan daerah/nasional maupun asing, dan pemerintah daerah/pusat.

 

Kategori Prakarsa diberikan kepada perorangan atau kelompok masyarakat yang memiliki kreativitas dan inovasi dalam pemberdayaan potensi energi setempat. Kategori Pratama diberikan kepada Perusahaan Daerah/Nasional/Asing yang memiliki kreativitas dan inovasi dalam pengembangan teknologi tepat guna yang mendukung pemberdayaan energi setempat. Kategori Prabawa diberikan kepada Pemerintah Pusat/Daerah yang memiliki kreativitas dan inovasi terkait kebijakan/ regulasi dalam mendorong kreativitas masyarakat/kelompok masyarakat/Badan Usaha Daerah untuk pengembangan energi setempat dan menciptakan iklim investasi yang kondusif bagi pengembangan energi dan mendorong pembangunan infrastruktur energi. Penjelasan lebih rinci mengenai Penghargaan Energi ini dapat dilihat melalui website http://www.penghargaanenergi.esdm.go.id/.

 

“Semoga forum ini dapat menginspirasi kita semua dalam mewujudkan Energi Berkeadilan, khususnya energi baru dan terbarukan sebagai upaya dalam penyediaan dan pengelolaan energi”, harap Staf Ahli Menteri EDM Bidang Perencanaan Strategis.