Sulawesi Selatan, Berharap Banyak pada Energi Terbarukan

Tim Teknis penjaringan Penghargaan Energi 2017 melakukan sosialisasi ke Provinsi Sulawesi Selatan pada 2 – 5 Mei 2017. Tim Teknis dari Kementerian ESDM diterima langsung oleh Kepala Dinas ESDM Ir. H. Gunawan Palaguna, M. Si. Pada kesempatan ini, Tim Teknis memberikan penjelasan tentang kegiatan Penghargaan Energi 2017 dan mengharapkan dukungan Kepala Dinas untuk dapat mengajukan calon-calon potensial dari Provinsi Sulawesi Selatan untuk mengikuti penjaringan PE 2017.

pe sulsel1

Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Selatan menerima Buku Pedoman PE 2017

Jajaran Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Selatan sangat antusias untuk membantu calon-calon potensial yang berada di wilayah provinsinya. Dari kota Makassar sendiri, ada calon yang sangat potensial dari Prakarsa Kelompok Masyarakat yaitu CV. Garuda Energi Nusantara Oil yang mengubah minyak jelantah menjadi biosolar.

pe sulsel2

Tim Teknis PE 2017 beserta jajaran Dinas ESDM Sulawesi Selatan

Untuk kategori Prabawa, Sulawesi Selatan memiliki calon potensial yaitu Kabupaten Banteng yang memiliki beberapa program kerja yang sangat mendukung kemandirian energi. Pengadaan PLTS, pembangunan instalasi biogas skala rumah tangga, pembangunan PLTMH dan PLTB (Bayu) yang pendanaannya didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Bantaeng adalah contoh keberpihakan PemKab untuk menyediakan energi bagi masyarakat.

Pada kesempatan ini, Tim Teknis berkesempatan untuk memasang spanduk informasi kegiatan PE 2017 yang ditempatkan di bagian depan kantor Dinas ESDM. Dengan pemasangan spanduk ini, diharapkan partisipasi masyarakat untuk mengikuti kegiatan ini semakin besar.

Sehubungan dengan mempublikasikan kegiatan PE 201, Dinas ESDM merencanakan untuk membuat sosisalisasi penjaringan PE 2017 di lingkungan SKPD dan Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Selatan. Diharapkan, dengan sosialisasi tersebut, minat untuk mengikuti penjaringan PE 2017 semakin banyak.

pe sulsel3

Tim Teknis PE 2017 di depan spanduk sosialisasi PE 2017