Sosialisasi dan Penjaringan Penghargaan Energi 2017 di Provinsi Maluku Utara

Tim Teknis Penjaringan Penghargaan Energi 2017 melaksanakan kegiatan penjaringan ke Provinsi Maluku Utara. Kegiatan yang dilakukan pada 25 sd 28 April 2017 ini, melakukan sosialisasi ke Dinas ESDM Provinsi Maluku Utara di Sofifi dan Universitas Negeri Kahirun di Ternate.

Provinsi Maluku Utara adalah provinsi baru hasil pemekaran dari Provinsi Maluku. Bandar Udara Sultan Babullah terletak di Pulau Ternate sedangkan ibukota pemerintahan terletak di Sofifi, Pulau Halmahera. Untuk mencapai ibukota provinsi Sofifi, dapat menggunakan kapal cepat.

pe malut

Penyeberangan dari Ternate ke Sofifi menggunakan kapal cepat

Dari dikusi yang dilakukan Tim Teknis dengan pihak Dinas ESDM Provinsi Maluku Utara, diperoleh informasi bahwa salah satu calon yang akan ikut dalam kegiatan Penghargaan Energi 2017 fokus pada energi gelombang.

pe malut1

Sosisalisasi dan penyerahan Buku Pedoman PE 2017 ke Dinas ESDM Maluku Utara

Tim Teknis juga mengunjungi Universitas Kahirun Ternate. Dari diskusi dengn pihak Universitas diperoleh informasi bahwa calon yang mereka usulkan memiliki fokus kegiatan pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

pe malut2

Sosialisasi dan penyerahan Buku Pedoman PE 2017 kepada calon peserta dari Universitas Khairun, di kota Ternate

Sebagai yang provinsi baru berkembang, sebagaimana diawal telah disampaikan, maka bandara utama Provinsi Maluku Utara yaitu Bandara Sultan Babullah, terletak di kota Ternate. Sedangkan pusat pemerintahan provinsi Maluku Utara yaitu di kota Sofifi yang terletak di Pulau Halmahera. Hal ini menyebabkan, Pelabuhan Sofifi menjadi pusat pertukaran transportasi utama dan banyak orang datang dan pergi melalui pelabuhan ini. Oleh karena itu, Tim Teknis memutuskan untuk memasang spanduk informasi Penghargaan Energi 2017 di pelabuhan Sofifi.

pe malut3

Pemasangan Spanduk PE 2017 di Pelabuhan Speedboat Sofifi