CDM

Mekanisme Pembangunan Bersih (MPB) atau dikenal juga sebagai Clean Development Mechanism (CDM) merupakan salah satu mekanisme yang terdapat di dalam Protokol Kyoto. Mekanisme dalam MPB merupakan satu-satunya mekanisme yang melibatkan negara berkembang, di mana negara maju dapat menurunkan emisi gas rumah kacanya dengan mengembangkan proyek ramah lingkungan di Negara berkembang. Mekanisme ini sendiri pada dasarnya merupakan perdagangan karbon, di mana negara berkembang dapat menjual kredit penurunan emisi kepada negara yang memiliki kewajiban untuk menurunkan emisi, yang disebut negara Annex I.

Sebagai negara non Annex, Indonesia mempunyai  kesempatan yang besar untuk memanfaatkan mekanisme CDM. Sangat diharapkan pertumbuhan proyek CDM memberikan kontribusi pembangunan pembangkit listrik ataupun pemanfaatan energi yang ramah lingkungan serta peningkatan efisiensi energi.

Sampai saat ini  sebanyak 243 usulan proyek Mekanisme Pembangunan Bersih (MPB/CDM) yang telah mendapatkan   persetujuan Komnas MPB. Proyek CDM yang telah mendapatkan persetujuan Komnas MPB, tersebut telah didaftarkan ke Executive Board ( EB ) dan baru 49 usulan proyek yang diregistrasi. Namun sampai saat ini baru enam proyek yang telah mendapatkan CER dan satu proyek masih dalam proses issued CER di Executive Board.