Arus Laut

Energi arus laut adalah energi yang sangat dipengaruhi pasang surut air laut. Energi pasang surut (tidal)  ini diakibatkan gaya gravitasi bulan, matahari dan bumi Energi arus laut dapat juga dipengaruhi oleh faktor lain selain pasang surut, seperti topografi satu tempat dengan lainnya, konfigurasi benua : selat, Tanjung, teluk, kemiringan tanah, dll. 
Pasang surut laut sebagai penyebab dominan energi arus laut dapat di bagi dua yaitu : Pasang laut purnama (spring tide) terjadi ketika bumi, bulan dan matahari berada dalam suatu garis lurus. Pada saat itu akan dihasilkan pasang naik yang sangat tinggi dan pasang surut yang sangat rendah. Pasang laut purnama ini terjadi pada saat bulan baru dan bulan purnama. Pasang laut perbani (neap tide) terjadi ketika bumi, bulan dan matahari membentuk sudut tegak lurus. Pada saat itu akan dihasilkan pasang naik yang rendah dan pasang surut yang tinggi. Pasang laut perbani ini terjadi pada saat bulan seperempat dan tigaperempat. 
Energi arus laut berupa kecepatan arus yang diakibatkan energi pasang surut air laut dan faktor lainnya  tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan. Energi kinetik dari arus laut digunakan memutar turbin menghasilkan energi mekanik yang kemudian dikonversi oleh generator menghasilkan tenaga listrik. Perencanaan turbin, generator dan peralatan lainnya secara tepat sesuai dengan potensi dan topografi wilayah dapat menjadi solusi keterbatasan energi fosil sebagai energi primer.