Berita

Menindaklanjuti amanat Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi terkait pekerjaan penyusunan Feasibility Study dan Detail Engineering Design Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat Pos Jaga TNI di seluruh Indonesia, pada kali ini tim BLU P3Tek KEBTKE melakukan sosialisasi tahap pertama kepada pos jaga TNI di wilayah Barat Indonesia dalam rangka pengisian form survey pos jaga TNI AL. Sosialisasi dilaksanakan di Pangkalan TNI AL (Lanal) Batam dengan dihadiri perwakilan anggota TNI dari pos jaga TNI AL untuk Lanal Batam, Lanal Tanjung Balai Karimun, Lanal Dabo Singkep, Lanal Tarempa, Lanal Tanjung Balai Asahan, Lanal Ranai, dan Lanal Dumai.



Acara sosialisasi dibuka oleh Palaksal Lanal Batam dan  Sambutan Paban IV Potmar Mabesal yang menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kehadiran seluruh anggota TNI serta tim dari Kementerian ESDM. Tujuan sosialisasi ini dilaksanakan adalah untuk membahas hasil pengisian kuisioner survei yang telah disampaikan beberapa hari sebelumnya oleh pihak Mabes TNI ALRI kepada masing-masing Komandan Lanal TNI ALRI untuk diteruskan kepada Komandan Pos ALRI di wilayah masing-masing dan diisi sesuai kondisi masing-masing, yang hasilnya berupa data atau informasi yang akan dipergunakan untuk meyusun FS dan DED sebagai salah satu persayaratan perencanaan pembangunan yang harus dipenuhi dalam pembangunan PLTS untuk memenuhi kebutuhan daya listrik pada masing-masing Pos Jaga TNI ALRI yang sampai saat ini belum tersedia serta jauh dari jangkauan jaringan distribusi PT PLN (Persero). Dengan lokasi sebanyak kurang lebih 260 pos jaga harus dilakukan studi pada tahun 2018, maka P3tek memerlukan bantuan dari anggota TNI di pos jaga-pos jaga terpilih untuk dapat mengisi form survey sehingga P3tek dapat segera mendapatkan data yang cukup untuk diolah dan dilaporkan kebutuhannya.

Rangkaian acara sosialisasi dilanjutkan dengan pengantar dari perwakilan Direktorat Jenderal EBTKE, Direktorat Perencanaan dan Infrastruktur EBTKE yang diwakili oleh Bapak Isnaini dan Bapak Erik – Kasie. Perencanaan yang menjelaskan rencana dan anggaran terkait pembangunan PLTS di Pos Jaga TNI AL. Selanjutnya tim teknis BLU P3tek menjelaskan latar belakang kegiatan, target bauran energi 2025, potensi energi surya yang dapat digunakan per harinya, serta penjelasan secara rinci atas form survey.  Tanya jawab dan pengisian form dilanjutkan setelah paparan dan penjelasan dari tim teknis selesai dilakukan. Diharapkan dalam waktu paling lama 2 hari form survey dapat dikembalikan kepada tim BLU untuk selanjutnya diolah dan digunakan dalam penyusunan FS dan DED PLTS Pos Jaga TNI AL.



Share: